Dasar-Dasar Jurnalisme

Dasar-Dasar Jurnalisme

Ilmu Komunikasi dan Jurnalistik

Dalam Ilmu Komunikasi, jurnalistik masuk dalam domain kajian komunikasi massa. Komunikasi massa memiliki beberapa karakteristik, yaitu: (1) termediasi (pemancar satelit); (2) komunikator melembaga (dilembagakan); (3) pesan umum; (4) komunikannya publik dan anonim (anonimous); (5) feedbacknya bersifat tertunda (tertunda); (6) proses penerimaan pesannya serempak; (7) kekhususan satu arah; dan (8) memiliki proses gate keeping.

Jurnalistik

Cabang Ilmu Komunikasi yang mencari tahu, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi (pemutaran) dan menyajikannya melalui media massa (cetak dan elektronik) .Keahlian dan keterampilan dalam mencari, mengumpulkan, mengolah dan meratakan, karangan, atau artikel untuk khalayak seluas-luasnya dan Cepat- cepatnya (Adinegoro) Seluruh proses informasi, cetak, penyuntingan dan penguatan berita (Richard Weiner) .Pekerjaan mengumpulkan, menulis, merangkai, dan mengangkat berita dalam surat kabar, dan sebagainya (KKBI) .Kegiatan jurnalistik masih terkait dengan berita, sejak dari pengertian tentang berita, cara menyajikan berita, dan teknik penulisannya.

Jurnalisme

Jurnalisme adalah bentuk kegiatan dari jurnalistik

Pelaku jurnalisme adalah jurnalis atau wartawan. Wartawan melakukan tiga kegitan: mengumpulkan, menulis, dan mengedit (editing) .Reportase: mencari informasi baru, penting, dan relevan yang menarik bagi masyarakat.

Purdiyanto, 3 Oktober 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *